Posting Terpopuler

Posted by : angga dwi Wednesday, October 2, 2013




          Hy guys !! ketemu lagi bareng gua. Kali ini gua mau berbagi sama loe-loe semua tentang masalah matematika terutama mengenai rumus bangun datar. So, mulai sekarang loe nggak usah bingung nyari rumus kesana kemari, tinggal mampir doank ke blog gua and disini loe bakal nemuin rumus yang berhubungan ama bangun datar. Disini gua nggak cuma ngasih loe rumus doank tapi gua juga ngasih ama contohnya. 

          Oke nggak pake panjang lebar, langsung aja loe simak and kalau perlu loe catet nih rumus-rumus bangun datar dari gua. Chek it out !!

SEGITIGA
LUAS = ½  x alas x tinggi è khusus segitiga siku-siku, untuk menghitung sisi miringnya bisa menggunakan rumus : 1/2 x a x t
Contoh :
Alas =  4, tinggi = 3, sisi miring = 5
Luas = ½ x alas x tinggi
Luas = 4 x 3 / 2
Luas = 6 cm²
KELILING = a + b + c
Contoh :
Alas = 4, tinggi = 3, sisi miring = 5
Keliling = a + b + c
Keliling = 4 +3 + 5 = 12 cm

PERSEGI
LUAS = s x s
Contoh :
Sisi = 5
Luas = s x s
Luas = 5 x 5 = 25 cm²
KELILING = 4 x s
Contoh :
Sisi = 5
Keliling = 4 x s
Keliling = 4 x 5 = 20 cm


JAJAR GENJANG

LUAS = alas x tinggi
Contoh :
Sisi samping = 5, sisi bawah = 10, tinggi = 4
Luas = alas x tinggi
Luas = 5 x 4 = 20 cm²
KELILING = 2 x (m+n) è m dan n adalah panjang sisi yang tidak sejajar
Contoh:
Sisi samping = 5, sisi bawah = 10, tinggi =  4
Keliling = 2 x (m+n)
Keliling = 2 x (5+10) = 30 cm

BELAH KETUPAT
LUAS = ½ x D1 x D2 è D : panjang diagonal
Contoh:
Panjang diagonal suatu belah ketupat adalah 12 dan 12
Luas = ½ x D1 x D2
Luas = ½ x 12 x 12 = 72 cm²
KELILING = 4 x s
Contoh:
Sisi = 7
Keliling = 4 x s
Keliling = 4 x 7 = 28 cm

LAYANG-LAYANG
LUAS = ½ x D1 x D2 è D1: diagonal panjang, D2: diagonal pendek
Contoh:
Panjang diagonal layang-layang adalah 15 dan 12
Luas = ½ x D1 x D2
Luas = 15 x 12 / 2 = 90 cm²
KELILING = 2 x (sisi panjang + sisi pendek)
Contoh:
Sisi panjang = 7, sisi pendek = 4
Keliling = 2 x (sisi panjang + sisi pendek)
Keliling = 2 x (7 + 4) = 22 cm

TRAPESIUM
LUAS = ½ x jumlah sisi sejajar x t
Contoh:
Alas = 10, atap = 4, tinggi = 5
Luas = ½ x jumlah sisi sejajar x t
Luas = (10 + 4) x 5 / 2 = 35 cm²
KELILING = alas + atap + kaki1 + kaki2
Contoh:
Alas = 10, atap = 4, kaki1 = 2, kaki2 = 2
Keliling = alas + atap + kaki1 + kaki2
Keliling = 10 + 4 + 2 + 2 = 18 cm


LINGKARAN
LUAS = phi x r x r è r = jari-jari
Contoh:
r = 7
luas = phi x r xr
luas = 22/7 x 7 x 7 = 154 cm²
KELILING = phi x d è d = diameter
Contoh:
d = 14
keliling = phi x d
keliling = 22/7 x 14 = 44 cm

          Oke itu tadi beberapa rumus untuk mencari luas dan keliling bangun datar. Semoga rumus di atas dapat membantu loe-loe semua buat ngerjain PR, hehe. Thanks udah mampir ke blog gua dan selamat mengerjakan PR.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Corat Coret Bermanfaat - BHNGZ SPTR' - Powered by Always - Di Desain Oleh Angga Dwi -